Kamis, 04 Maret 2010

tips merawat kucing kampung


-->

Nggak sulit kok merawat kucing kampung. Karena kucing kampung sudah mandiri. Tapi namanya juga mahluk hidup, pasti saling membutuhkan. Jadi kucing juga butuh manusia. Berikut ini tips merawatnya :

Kasih makan. Usahakan makanannya bersih dan disukai si kucing. Meskipun kucing kampung punya daya tahan tubuh yang kuat, ‘kan kasihan kalau makanannya kotor. Bisa-bisa si kucing terkena muntaber atau cacingan.


 
Atur jadwal makannya. Biar kucingnya nggak kegendutan dan nggak terlalu kurus.







Kalau masalah BAB ( buang air besar ) si kucing sudah tahu dimana dia bisa melakukannya. Yup ! di luar rumah. Nah ! Setelah BAB, periksa duburnya. Kalau masih ada sisa tanah atau pup-nya, bersihkan dengan tisyu.
  

 
Biasanya kucing kampung suka tidur dimana-mana. Larang kucing tidur di tempat berikut :
    a.    Meja ! Karena bila kucing tidur di meja, wah..! nanti barang yang ada di meja bisa jatuh semua kesenggol badan si kucing. Kalau misalnya di meja ada makanan, bulunya bisa rontok ke makanan.
b.    Genting ! soalnya nanti kucingnya bisa naik tapi nggak bisa turunnya.
c.    Tanah ! si kucing jadi kotor dan berdebu.
d.    Keset ! kalau mau keset sulit, bisa ke-injak. Soalnya diatasnya ada si kucing.
                                                
Tempat yang di perbolehkan :
a.    Kursi ! kursi merupakan tempat yang nyaman bagi kucing. Tapi kalau si kucing mau tidur di kursi, jangan kursi ruang tamu. Misalnya kursi di ruang tengah atau kursi bagian ruang belakang.
b.    Kasur ! tapi abiz itu kasurnya harus di bersihkan, Supaya nggak penuh bulu kucing.
c.    Karpet ! kucingnya leluasa tidur dan nggak kedinginan.

Ajak kucing bermain supaya nggak bosan dan si kucing tambah bersemangat. Juga melatih otot dan tubuh si kucing. Permainan untuk kucing kampung sangat sederhana, tapi si kucing sangat suka sekali kalau diajak bermain permainan tersebut, karena sangat  mengasyikan. Berikut cara membuat permainan :
1.     Siapkan kantong plastik atau kertas, yang penting bisa menghasilkan suara bila digerakkan. (seperti srek….srek……)
2.    Gunting plastik tersebut menjadi berumbai – rumbai.
3.    Ikat plastik yang sudah digunting menggunakan tali yang panjang.
4.    Ikat tali tersebut ke kawat atau batang lidi.
Jadi deh…! Tinggal digoyangkan si kucing siap untuk menerkamnya. 

 Kalau nggak sempat mengajak kucing bermain, kasih kucing itu teman. Jadi mereka bisa bermain bersama, tidur bersama, dan makan bersama.



Kalau kucing senang ke dunia luar, awasi dengan ketat karena berbahaya. Seperti : mungkin ada musuhnya lalu bertengkar. Jika hal itu terjadi lerai kucing dengan semprotan air, jangan dengan tangan. Misalnya tangan terkena cakaran kucing, cakaran kucing dapat menyebabkan infeksi.

19 komentar:

  1. kucing ane malah mau di maling tad gan wkakakak

    BalasHapus
  2. kucing nya masih beol sembarangan gan.. gimana ya? .. kadang dihalaman saya, kadang diluar,tapi masih depan rumah.. cara ngelatih buat beol nya ga sembarangan gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang,,tinggal siapin wadah(wadahnya bebas)trus wadahnya ksih pasir, klo udah kucingnya taruh disitu,,itu agar si kucing bisa berpikir kalo pasir brguna buat BEOL,,,

      Hapus
  3. cara biar kucing berak di WC kaya kucing gua gampang gan,..

    BalasHapus
  4. klo kucing ku dpet ambil dari rumah orng tpi gk ngerti ngerawatnya,suruh tidur dikardus malah ke sofa,takut PUP nya ke sofa

    BalasHapus
  5. cara biar bulu kucing ga rontok gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dikasih ikan/makanan mentah :))

      Hapus
    2. kucing kan emang pemakan ikan gan? yg penting ga mentah

      Hapus
  6. Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
    dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
    Klik atau copy paste link berikut:

    http://tinyurl.com95tbzuv

    Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

    sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

    BalasHapus
  7. gimana gan cara menjinakan kucing nya?

    BalasHapus
  8. Kalau untuk melatih agar berani/menang bertarung dengan kucing liar ada tips nya gk ? #salam kenal

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing bukan untuk diadu :)

      Hapus
    2. Kalo kucing saya udh pinter bgd.. sekali di ajarin langsung ngerti.. pupnya, makannya, dia cepet nangkep,,udh gitu dia seneng bermain, tpi pecemburu, klo aq lagi gendong kucing lain dia marah dan suka gigit,,heheh.. tapi aku sayang bgd sama kucing aq, soalnya dia pinter bgd...

      Hapus
  10. kanap kucing saya sring tidur kalau saya gan asal buka lemari dia datang siap makan dia pergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kadang di panggil namannya manis dia lihat saya

      Hapus